Senin, 09 Desember 2013

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER BESERTA MANFAATNYA



A. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan adalah kumpulan dari perangkat keras yang terhubung satu sama lain melalui media perantara seperti kabel tembaga, kabel optik, gelombang mikro, dan inframerah sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data. Perangkat keras dapat berupa komputer, PDA, printer dan perangkat keras lainnya yang dapat mengirim dan menerima data.
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain dan saling berkomunikasi yang dapat membagi data, aplikasi, koneksi internet atau yang lainnya. banyak versi yang menyebutkan pengertian dari jaringan komputer, tetapi intinya sama yaitu dua atau lebih komputer yang saling berhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain.
Nah, dengan demikian jaringan komputer yang paling sederhana dapat digambarkan seperti gambar berikut: 

Pada gambar diatas sudah jelas bahwa komputer 1 dengan komputer 2 saling berhubung dengan media fisik. media fisik tersebut dapat berupa kabel atau semacamnya. Dengan demikian kedua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan dapat saling menukar data.
B. Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer ini mempunyai nilai lebih dari pada komputer yang hanya berdiri sendiri. Samahalnya dengan manusia juga memerlukan suatu jaringan agar dapat berhubungan dengan yang lainnya, sehingga dapat saling menukarkan informasi antar sesamanya. Namun, bagi manusia yang hanya hidup sendiri, maka dia akan sulit untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan yang lainnya. 
Dengan jaringan inilah semua pengguna komputer dapat saling men-share informasi atau data, dengan sarat komputer mereka harus terhubung terlebih dahulu. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari jaringan komputer ini, diantaranya:
  • Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. Suatu jaringan komputer sangat bermanfaat apabila seseorang di suatu tempat menginginkan data dari komputer yang berada sangat jauh darinya. Jaringan menjadi solusi untuk memudahkan proses pengambilan data tersebut.
  • Saling Berkomunikasi
Jaringan komputer ini dapat memungkinkan semua para pengguna untuk saling berkomunikasi antar pengguna lainnya yang saling terhubung. Sehingga mereka akan mendapatkan sesuatu yang baru dengan jaringan tersebut.
  • Keamanan Data
Sistem jaringan komputer dapat menjaga perlindungan data, informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh komputer server memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Hal ini sudah diterapkan di dunia perusahaan ataupun instansi pemerintahan, dengan begitu data akan lebih mudah diakses dan membantu proses dalam pengerjaannya.
  • Menghemat Daya
Lebih hemat dari segi biaya atau sumber daya lebih efisien dari metodhe / cara lain. Misalnya, dengan satu printer dapat digunakan untuk banyak pengguna /user.
  • Reliabillitas Tinggi 
Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabillitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
  • Memudahkan Mengakses Informasi
Jaringan komputer memudahkan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.
  • Berbagi Program atau Data
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.
Jadi, dengan Jaringan Komputer, bisa dimungkinkan untuk menggunakan satu alat yang dipakai beramai-ramai, seperti contohnya: Printer. Juga, dengan Jaringan, data dari satu komputer bisa dengan mudah diakses oleh komputer lain.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Total Page Views