Rabu, 21 November 2012

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF


Seperti apa yang sudah kita ketahui ayat yang pertama kali adalah IQRA'  yang artinya "bacalah" Allah menganjurkan kepada seluruh umat islam untuk membaca (mengkaji hal apapun) agar kita dapat mengetahui banyak hal yang belum kita ketahui. kita juga dapat memahami apa yang belum pernah kita pahami dengan membaca.
Didunia ini, pastilah ada yang namanya pembaharuan. maka, dengan membacalah kita akan mengetahui pembaharuan - pembahuruan tersebut. namun kenyataannya sekarang ini sudah terbalik. kita umat islam kebanyakan tidak tau, bahkan tidak mau tau akan perubahan atau pembaharuan tersebut. Sekarang yang jadi pertanyaannya "MENGAPA KESUKSESAN SERING DIPEROLEH OLEH ORANG NON_ISLAM,,???"
Menurut hemat saya hal itu dikarenakan Sekarang ini ayat IQRA' diterapkan oleh orang-orang non_islam. orang islam sendiri hanyalah menikmati atau menjadi konsumen dari hasil yang diperoleh orang-orang non_islam.
Jadi kita sebagai umat islam, jangan mau kalah dengan orang non_islam. kita harus belajar, belajar dan belajar. dan kita harus sadar bahwa betapa besar manfaat dari membaca tersebut. semua ini biar kita tidak KTJ ( ketinggalan jaman ).
Nah dengan demikian kita harus meningkatkan minat kita dalam belajar. tentunya belajar secara efektif. berikut cara-caranya:
  1. tidak terlalu bersemangat dan juga tidak terlalu bersantai-santai. "sedang-sedang saja" sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW "KHAIRUL UMUR AUSATUHA".
  2. Belajar diluar mata pelajaran. "kita dituntut meluangkan waktu kita untuk belajar diluar mata pelajaran. dengan hal ini kita memperoleh pemahaman yang lebih luas. karna menurut penelitian belajar di kelas itu tingkat konsentrasi kita hanyalah 15-20 menit dari waktu perama pelajaran."
  3. Memulai belajar dengan pelajaran yang paling kita sukai."hal ini akan mempermudah belajar kita karna pelajaran tersebut merupakan pelajan yng kita senangi tersebut. dan juga kita akan merasa menyatu dengannya.
  4. kita harus pandai mengatur waktu belajar kita agar pada saat kita belajar tidak bercampur aduk dengan aktivitas yang lainnya. 
  5. dan yang terakhir lakukanlah belajar kita secara istiqamah agar belajar kita tidak sia-sia.
Ketika selesai membaca pastilah sedikit banyak yang belum kita pahami, jika hal ini terjadi kita dianjurkan untuk meakukan KONTEMPLASI (berfikir dan merenunginya). agar kita dapat mengerti apa yang belum kita pahami itu. apabila dengan kontemplasi tersebut kita belum berhasil, maka dianjurkan untuk meminta sulusi kepada guru atau orang yang lebih tau. dan apabila kedua-duanya belum juga menghasilkan pemahaman, maka kita harus melaluinya dengan sabar.


Salam Pengetahuan ........!!!!
by: Riyandi_jack

Tidak ada komentar:
Write komentar

Total Page Views