Minggu, 12 Mei 2013

MENGEMBALIKAN GRUB YANG HILANG PADA UBUNTU

Assalamu'alaikum para sahabat,,,,!!!! Pie kabare,,,,,,,,????
kali ini saya akan mencoba membagikan Tips dan triks baru nih pada sobat semua. ya mekipun sederhana (biasa baru pemula) semoga ja bermanfaat. amieeeeen.
kemaren saya sempat menginstall windows7 di laptop saya, setelah menginstall malah grubnya hilang. ya saya sedikit bingung sih. dan Alhamdulillah saya bisa menemukan cara mengembalikannya. dan sekarang saya akan membagikan kepada sahabat,,!! simak ya????

Pertama sobat harus menyedikan dulu bootablenya linux, setelah itu kita TRY. jika sudah masuk clik CTRL+ALT+T dan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. lihatlah letak partisi (sda) linux sobat dengan perintah  sudo fdisk -l . ingat dibawah ini hanyalah contoh. letak partisi ubuntu bisa saja berubah. punya sobat mungkin berbeda, bisa saja /dev/sda5, /dev/sda6, /dev/sda7 ataupun yang lainnya. ngerti kan dengan ini sob...
  2. langkah selanjutnya menentukan mount partisi dimana ubuntu sobat dinstall dengan menjalankan perintah sudo mount /dev/sda(partisi ubuntu sobat) /mnt
  3. selanjutnya menginstall grub dipartisi yang sudah di mount. dengan menjalankan perintah sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
  4. kemudian restart komputer sobat dengan perintah sudo reboot
  5. setelah berhasil jangan lupa masuk ke ubuntunya untuk meng-update grub dengan perintah sudo update-grub
  6. gampang kan???

NB: KALAU ADA KESALAHAN MOHON KRITIK/SARANNYA EA????

1 komentar:
Write komentar
  1. berarti saya harus punya bootable dulu soalnya ini laptop saya saya dual boot sama windows 8 ori bawaan vaio dengan ubuntu LTS 14
    terus saat sya menambah partsi terus saat saya restar masuklah ke grub ubuntu
    tapi tulisannya
    Error: unknown filesystem
    grub rescue>
    kaya gitu gan munculnya
    tolong pencerahannya

    BalasHapus

Total Page Views